Monday, May 15, 2017

Cara Memasang Top Level Domain Pada Blog

Tags

Bagi anda yang baru membuat sebuah blog, pastinya akan di berikan sebuah domain default/standar berdasarkan penyedian layanan publikasi tersebut, contohnya blogger, mereka akan memberikan domain gratis yang di akhiri dengan "(namadomain).blogspot.com" sehingga mengakibatkan kurang efisen untuk mepermudah dalam mengigat sebuah alamat url situs blog yang kita miliki. maka dari itu, untuk memecahkan masalah tersebut kita membutuhkan sebuah TLD (Top Level Domain). selain itu kita harus bener - benar menentukan top level domain dimana untuk perkembangan jangka panjang pada sebuah blog yang kita bangun, Tapi sebenarnya Apa itu TLD?

Pengertian dan Penjelasan TLD (Top Level Domain)
TLD (Top Level Domain), dalam bahasa indonesia ialah "Domain tingkat atas", adalah sebuah nama link/url/situs unik yang di berikan pada suatu blog maupun website yang dimiliki. Dimana TLD ini berfungsi untuk mempermudah, mengingat, serta menaikan derajat website maupun blog tersebut dalam arti keseriusan dalam dunia publikasi, selain itu juga web maupun blog akan di anggab pofesional. Dalam dunia blog maupun website, nama domain diawali dengan titik (.) dimana titik tersebut dibaca dengan kata "dot". Banyak pilihan untuk memilih TLD antara lain (.com,.id dsb) . Perlu anda ketahui semakin singkat sebuah domain otomatis semakin mudah pula website maupun blog di ingat, di kunjungi dimana para visitor dapat lebih familiar dengan domain anda miliki, sehingga meningkatkan populeritas blog maupun website yang anda bangun.

Tapi sebelum ke tutorial Cara Memasang Top Level Domain dikhususkan sebuah Blog (blogger), alangkah baiknya kita pikir terlebih dahulu tentang jenis - jenis domain TLD ini, dimana Top Level Domain itu sendiri bukan hanya satu, selain itu juga apabila ingin memilikinya perlu modal bro (tidak gratis), kalaupun gratis ya, anda akan di buat terbelit belit untuk mendapatkannya serta jelek dan tidak sesuai dengan keingnan, pepatah mengatakan ada harga ada kualitas.

Ok kita lanjut, dimana yang umum sering di gunakan dalam menentukan TLD karna selain menentukan populeritas juga mempermudah dalam penyebutan yang familiar khusnya di indonesia antara lain :
  • .com (Paling Recomend), domain personal hinga perusahaan, bukan hanya di indonesia yang familiar dengan domain tersebut, tapi seluruh dunia, karna TLD tersebut ialah domain yang paling tertua dalam dunia internet sehingga banayak orang familiar bagi user yang memanfaatkan internet atau berseluncur di dunia internet, selain itu juga tidak ada syarat untuk memiliki domain (dot)com tersebut perkiraan harga kurang lebih 130 ribu.
  • .net domain dikhusukan network infrastruktur, walaupun untuk network infratruktur, banyak juga para publikasi menggunakan TLD tersebut, tidak ada syarat dan perkiraan harga kurang lebih 130 ribu.
  • .info domain personal hingga perusahaan yang berhubungan dengan informasi contohnya seperti blog news (berita) dsb tidak ada syarat dan perkiraan harga kurang lebih 150 ribu.
  • .co.id domain personal hingga perusahaan dimana di khususnya atau simbol .co.id bagi seorang publikasi menandakan blog maupun website negara indonesia  (memiliki syarat seperti KTP surat izin db tergantung praturan penyediaan layanan domain) perkiraan harga kurang lebih 130 ribu.
  • .id domain sama halnya dengan domain TLD .co.id hanya saja sudah mepersingkat sehingga mempermudah untuk mengingatnya, (memiliki syarat seperti identitas KTP dsb tergantung permintaan penyediaan layanan domain tersebut) perkiraan harga 60-250 ribu (mahal dan harga tidak tetap).

Menentukan Domain TLD
Setelah kita mengetahui jenis - jenis domain yang umum di gunakan, selanjutnya, memikirkan nama domain yang cocok dengan blog anda miliki, pastikan nama domain sesuai dengan topik blog maupun website yang anda miliki, apabila anda bingung menentukannya, anda bisa menggunakan nama domain dengan nama anda sendiri, dimana itu menandakan domain anda berisi netral personal serta bebas dengan topik apapun, selain itu juga menggunakan nama sendiri membuat anda terkenal dalam dunia maya, tapi ingat pastikan memiliki atau pembahasan satu nice saja, kenapa, karna menentukan langanganan para visitor untuk membaca atau mengujungi kembali blog maupun website untuk jangka lama contoh nama domain milik saya masrudin.com tapi ingat semua kembali ke selerah anda.

Setelah anda mengerti tentang TLD dara pembahasan di atas tersebut dan anda sudah menetukan dengan fix nama domain yang akan di gunakan, maka selanjutnya kita ke tutorial cara membuat Top Level Domain pada sebuah blog. Oh ya perlu anda ingat setiap layanan penyediaan TLD cara pemasangannya berbeda-beda tergantung layanan yang di berikan, tapi pada intinya layanan yang memberikan TLD cara pemasangnya itu sama, selain itu juga walaupun beda, maka mereka akan memberikan tutorial car pemasang di layanan tersebut dan bila masih belum mengerti anda bisa langsung tanya kepada CSnya melalui email atau chet dimana anda di berikan arahan - arahan cara pemasang domain tersebut sehingga anda tidak perlu kuwatir lagi atau bingung untuk pemasangannya. dan tutorial ini saya berikan dimana saya memanfaat peyediaan layanan domain yaitu idwebhost.
Tutorial Daftar dan Memasang Domain TLD di IDWEBHOST 
  1. Pertama - tama pastikan anda sudah terdaftar atau menjadi member di situs idwebhost tersebut kalau belum ini link pendaftarannya : https://member.idwebhost.com/register.php
  2. Isi biodata baik dan benar, setelah terdaftar dan terverifikasi langsung menuju ke halaman login member idwebhost disini https://member.idwebhost.com/clientarea.php
  3. Setelah anda login dan masuk kehalaman dashboard pilih tab Domain-->Beli Domain Baru, lalu isi nama domain yang sebelumnya di tentukan, dan selesaikan verikasi tersebut, mulai dari pembelihan (transferan) konfirmasi bukti pembayaran, hingga domain aktif. dan maaf saya tidak menjelaskan atau memberikan sebuah tutorial cara mendaftar dan membeli domain di idwebhost karna ini memang mudah nan gampang, tapi apabila ada kesulitan anda bisa chet dengan CSnya
  4. Setelah domain anda aktif, kita pergi situs Blogger (klik Tab baru saja untuk membuka halaman blogger biar tidak bolak balik), setelah menuju halaman bloger dan masuk ke menu halaman dashboard, pilih Setelan --> Dasar-->> Scrol ke bawah cari yang bertulisan Alamat Blog
  5. Klik +Siapkan URL Pihak ke-3 Untuk Blog Anda, Maka Secara otomatis anda akan di beri kolom kosong yang di awali http://
  6. Tugas anda mengisi kolom tersebut dengan domain aktif anda, dan pastikan mulai dari WWW. contoh www.lucushop.com sehingga menjadi http://www.lucushop.com lalu klik simpan, maka anda akan mengalami error dengan keterangan "kami tidak memverivikasi otoritas anda untuk domain ini. kesalahan 14 dan di berikan sebuah kode 2 CNAME.
  7. Tenang kanra memang kita perlu mensinkron antara blogger dengan penyediaan domain memang agak ribet tapi ikut saja samapai selesai, langsung saja selanjutnya pergi lagi ke halaman member idwebhost atau bisa menuju link ini https://member.idwebhost.com/clientarea.php?action=domains
  8. Lalu klik Kelola Domain otomatis anda akan menuju halaman Area Klien
  9. Selanjutnya pilih Tab Name Server pastikan terceklis Gunakan nameserver atau rubah dari ns1.idwebhost.com menjadi  : ns1.idwebhost.id dan ns2.idwebhost.com menjadi : ns2.idwebhost.id
  10. Selanjutnya ke tab Alat Pengelolah - Kelolah DNS 

Pengaturan DNS Domain Untuk Blogger
Dimana kita harus melakukan pengisian satu persatu di antaranya:

  1. Nama Host di isi dengan : @, Jenis Records : A(Anddress), Alamat : 216.239.32.21, dan yang lain kosongkan saja atau default saja lalu klik Simpan Perubahan.
  2. Secara otomatis akan muncul kolom ke dua, tugas anda isi sama seperti di atas hanya saja bagian Alamat isi dengan : 216.239.34.21, Simpan Perubahan
  3. Sama seperti ke dua hanya saja di bagian Alamat isi : 216.239.36.21, Simpan Perubahan
  4. Sama seperti ke dua hanya saja di bagian Alamat isi  : 216.239.38.21, Simpan Perubahan
  5. Nama Host di isi dengan : (kode DNS dari blogger), Jenis Records : CNAME (Alias), Alamat : (kode DNS dari blogger), dan yang lain default saja lalu klik Simpan Perubahan.
  6. Nama Host di isi dengan : www, Jenis Records : CNAME (Alias), Alamat : ghs.google.com, dan yang lain default saja lalu klik Simpan Perubahan.

Terakhir Kembali ke blogger di bagian setelan-->> Dasar--> Alamat Blog, isi alamat domain anda, lalu klik simpan, (biasanya masih error, karna memang membutuhkan waktu kurang lebih 2 menit) lakukan klik simpan saja sampai tidak muncul erorr lagi. dan begitulah cara menganti TLD pada blogger menggunakan layanan idwebhost, apabila anda masih kurang jelas anda bisa pergi ke link ini : https://blog.idwebhost.com/redaksi/blogspot/.

Ok demian tutorial cara memasang Top Level doamain pada Blog, apabila ada kesalahan dalam penulisan serta penjelasan yang menurut anda kurang mengerti anda bisa bertanya di kolom komentar sekian dan terima kasih.

Artikel Terkait

3 comments

Sangat bermanfaat gan.. Oya, 130 ribu, cuma sekali byar gan? Atau per tahu?

tidak bro, sistemnya sewa bro. jadi 130rbu per tahun

Sangat bermanfaat gan.. Oya, 130 ribu, cuma sekali byar gan? Atau per tahu?


EmoticonEmoticon