Wednesday, May 10, 2017

Semangka Berbentuk Kotak dan Love Universitas Kaltara

Tanaman buah Semangka atau Tembikai atau bahasa latinya ialah (Citrullus lanatus), adalah sebuah tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di negara Afrika bagian selatan. Tanaman ini masih sekerabat dengan jenis tanaman seperti labu-labuan (Cucurbitaceae), dan melon (Cucumis melo). Tanaman semangka ini dipanen dimana memanfaatkan buahnya, untuk dikonsumsi secara langsung ataupun tidak langsung (dibuat jus). Mungkin tanaman buah ini sudah familiar di dengar atau di rasakan dan mungkin anda sering menemukan buah ini di minimarket, pasar, atau anda memang budidaya sendiri.

Dimana kita ketahui pada umumnya tanaman buah semangka ini mayoritas berbentuk seperti biasanya yaitu bulat dan lonjong akan tetapi apa jadinya bila ada tanaman buah Semangka tersebut berbentuk kotak, love dan sebagainya. pastinya keren dan unik kan bro. Selain keren dan unik dari segi bentuk, juga pastinya harga jualnya lebih tinggi dari pada buah semangka umumnya. Memang ada buah semangka bentuk kotak dan love ya bro?  

Sebelum saya membahas lebih lanjut, bagaimana tanaman semangka itu bisa berbentuk kotak, love dsb, seperti saya jelaskan di atas, alangkah baiknnya kita mengetahui histori atau sejarah kenapa ada buah semangka tersebut berbentuk unik.


mahasiwa universita kaltara membudidayakan semangka kotak dan love

Asal Usul Semangka berbentuk Kotak
Ok sedikit saya jelaskan, memang semangka kotak sangat menarik dan unik di pandang. Dimana awalnya muncul sebuah ide ini ditemukan di negara Jepang sekitar tahun 1980-an ya. taulah orang-orang jepang dimana masyarakatnya terkenal sangat kreatif membuat hal-hal baru, bahkan seringkali dianggap sebagai negara dengan ide-ide yang nyeleneh. 

Jadi ceritanya begini, saat itu para petani di Jepang mengalami masalah keterbatasan tempat menyimpan hasil panen dari buah tanaman semangka tersebut. Jika semangka bulat, tentu banyak sekali ruangan kosong yang tidak terisi (di sela-sela buah gtu). Karena itulah petani Jepang menyiasati dengan membuat semangka kotak agar seluruh ruangan gudang dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Hasilnya, gudang-gudang buah semangka kini dapat dipenuhi oleh kotak-kotak (bukan butiran lagi) jadi ruanggan pun bisa lebih efisien.

Tapi ternyata ide yang awalnya untuk menyiasati ruang itu malah mendapat perhatian yang lain, ide ini sangat brillian, luar biasa. Sebab semangka kotak tidak hanya sebagai buah biasa saja, tetapi kini memiliki nilai tambah yang lebih, yaitu indah dipandang dan sangat cantik dijadikan hadiah. Bahkan harga jualnya pun menjadi lebih tinggi dari biasanya. Seirirng berjalannya waktu, betuk semangkapun di buat berbagai bentuk yang beraneka ragam, ada bentuk love, segita, kubus dan sebagainya.

Setelah kita mengetahui asal usul serta faktor kemunculan ide semangka unik tersebut, pasti para pembaca masih bingung nih. Lah jadi semangka berbentuk unik itu caranya gimana bro? santai bro.. mulailah belajar secara sistematis agar bisa mudah di pelajari dan dipahami, dimana saya akan menjelaskan secara real karna memang saya seorang mahasiswa jurusan pertanian agroteknologi universitas kalatara tanjung selor dan mempaparkan berdasarkan  hasil praktek lapangan yang saya jalani saat ini.

Dimana praktek ini diselengarakan di kebun bapak DR. LUTFI BANSIR SP.MP selaku dosen yang mengajar serta memberikan ilmu tentang teknik dalam membuatan semangka berbentuk kotak dan love, dan mungkin ada beberapa orang pasti ada yang berfikir atau berpendapat sebelum membaca sampai kesini, paling juga dari varietas atau bibitnya atau bisa dari persilangan! Ok Jawaban Itu Salah! Sebenaranya ini caranya.

Rahasia Semangka berbentuk Kotak dan Love
Bagaimana semangka itu bisa berbentuk unik seperti  kotak, love dsb. serta menjawab argumen - argumen di atas, sebenarnya rahasinya adalah ini :

Rahasia pembetukan semangka kotak dan lov rahasianya adalah cetakan

Yup Cetakan..!! jadi bukan dari persilangan atau menggunakan bibit dari varietas tertentu, melainkan sebuah cetakan yang berperan dalam membentukan buah tanaman semangka tersebut, sama halnya pembuatan sebuah kue, dimana seperti yang kita ketahui untuk mendapatkan bentuk sebuah kue yang unik maka pastinya kita memerlukan sebuah cetakan, hanya saja prosesnya antara pembentukan kue dan tanaman itu berbeda, ya jelaslah, mana ada buah di oven bro heheh!!  Ok selain membahas rahasia dalam membentukan buah semangka unik tersebut saya juga akan memberikan sebuah tutorial serta tips agar buah semangka tersebut berhasil terbentuk dan tidak gagal

Tutorial Pembentukan Semangka
Pertama - tama sebelum memulai pembudidayaan semangka berbentuk kotak, love dan sebagainya. Pastikan bahan cetakan buah semangka yang Anda miliki atau anda beli, berbahan yang kuat contohnya seperti akrilik atau fiber tapi pastikan cetakan tersebut transparan karna memang tanaman serta buah memebutuhkan intensitas cahaya. Selanjutnya sebelum memulai pastikan bibit maupun varietas semangka yang di budidayakan dimana size atau diameter pembuahannya sudah Anda ketahui (kurang lebih, size atau volume sama dengan cetakan atau kurang lebih dikit) karna apa? karna selain dari pembentukan agar sempurna cetakan tidak mengalami kerusakan seperti pecah karna volum buah besar dan cetakan terlalu kecil. Ok untuk rekomedasi bibit  yang biasa digunakan untuk mencetak buah tanaman semangka tersebut diantaranya red top atau baskara.

Selanjutnya untuk pembudidayaanya sebenarnya sama saja seperti pembudidayaan buah semangka pada umumnya. Mulai dari perlakuan, perawatan, pemupukan dan seterusnya. Hanya saja di saat fase generatif atau pembuahan maka mulailah menerapkan pencetakan tersebut, untuk memperjelas Anda bisa melihat gambar di bawah ini :
cara proses pembentukan semangka bentuk kotak dan love

Teknik Serta Tips Semangka berbentuk Kotak dan Love
Kita liat Pada gambar diatas, dimana di saat memulai proses generatif atau proses pembuahan (buah kecil muncul) pada kasus ini adalah tanaman semangka, Maka saat itulah cetakan di terapkan, dan cetakan tersebut jangan pernah dilepas hingga masa panenya tiba. Pada intinya sistem kerjanya adalah memaksa proses pembentukan buah yang tadi bulat (normal/standar) menjadi berbentuk lain (tergantung cetakan yang kita inginkan) dan seiringnya berjalan waktu, buah semangka tersebut mengikuti sebuah ruangan di dalam cetakan hingga masa batas pertumbuhannya(panen). 

Tapi perlu anda ketahui cara ini tidak akan merubahkan genetik dari buah tersebut contohnya dari segi rasa, jadi intinya rasa tetap sama, hanya saja bentuk berbeda. Oh ya untuk tips dimana tips ini akan mengurangi sebuah ke gagalan dalam pembudidayaan tanaman semangka bentuk unik ini, jadi pastikan di saat proses pecetakan tanaman buah semangka ini dimana cetakan pada buah jangan terlalu terkena banyak air, selain itu juga pastikan tanaman terutama buah mendapatkan cahaya matahari yang cukup, karna selain dari proses tanaman itu sendiri, buah tersebut tidak boleh terlalu lembab. karna apa? karna apabila terkena terlalu banyak air dan buah tersebut lembab, otomatis buah akan mengalami pembusukan.

Ok.. Demikian rahasia, tutorial, teknik serta tips bagaimana Semangka itu bisa Berbentuk Kotak, Love dan bentuk lainnya dan tidak dipungkiri juga bisa diterapkan untuk buah lainnya, Apabila ada kesalahan dalam penulisan maupun kata yang menurut Anda kurang di mengerti, saya mohon maaf semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih

Artikel Terkait

5 comments

Unik juga ya semangka bisa dibentuk. Bisa dicoba nih.

Dimana beli cetakannya. Bisa kasih info pembeliannya?

siapa bilang dengan modal kecil tidak bisa menang banyak?
Dengan modal Rp20.000,
Anda bisa menang "Puluhan Juta" !!!
Hanya di Sinidomino. com
Untuk info lebih lanjut, Hubungi :
-Pin BBM : D61E3506 (24 jam Online )
dewa poker

Cetakan nya beli dimana ya gan?

Cetakan nya beli dimana ya gan?


EmoticonEmoticon