Thursday, July 6, 2017

Cara Mempercepat Loading pada blog

Tags

Kecepatan Blog Menentukan Jumlah Pengunjung - Ini sudah jelas dimana - mana orang membutuhkan sebuah kecepatan, khusunya dalam mengakses sautu halaman, dan pada kasus ini adalah halaman blogger. Dan seperti yang kita ketahui banyak para bloging atau blogger di luar sana mulai dari basic dan ingin menjadi blogger pro, dimana dalam penerapan mulai dari SEO, Mobile Friendly, Responsive, Sudah di terapkan.


Cara mempercepat loading atau akses pada blog

Jujur khusus bagi pemula yang perlu merubah minset termasuk saya sendiri (dahulu) dimana awalnya membuat sebuah blog lebih mengutamakan tampilan diantaranya memasang widget seperti musik, cursor blink - blink, header kualitas gambar sizenya besar, widget sana sini, pokoknya lebay banget dah bro heheh. Tapi itu semua saya tidak lari namanya dalam penerapan SEO, Template ane Mobile Frendly dan Responsive. Dan seiring berjalannya waktu (2 bulan hingga 3 bulan), saya melihat blog saya sendiri dibagian stastistik mode harian (dalam hati) "kok visit begitu gitu saja pengunjungnya antara 5 - 7 orang" .

Nah disitu saya merasakan ganjil, dan saya mencoba mencari tahu (ini real pengalaman saya pribadi yang saya paparkan di artikel ini)  Saya memanfaatkan google analisis untuk mencari sumber permasalahannya, dan dimana kita ketahui google analisis adalah sebuah tool memonitorin blog yang kita miliki, untuk lebih jelasnya anda bisa baca dibawah ini :

Baca : Cara Memasang Google Analisis Pada Blogger

Dimana cara yang saya lakukan yaitu membuat sebuah posting baru (tapi belum saya publikasikan) dikarnakan saya ingin melihat permasalahan yang terjadi dengan begitu sebelum saya publikasikan saya membuka tab baru tujuan menuju ke situs Google analysis, dan setelah terbuka otomatis halaman seperti view, realtime durasi tayang dsb, akan muncul (intinya siaga untuk memonitorin)

Selanjutnya pidah ke tab ke blogger, lalu mempublikasikan artikel yang saya miliki, setelah terpublikasi,tidak lupa melakukan share, dan submint, dll. setelah semua saya lakukan Selesai saya pindah lagi ke tab google analisis.Eng.. ing.. eng... saya melihat satu visit yang aktif lima menit setelah update artikel.

Akan tetapi disaat saya memonitorin visit tersebut dimana kejadian yang membuat saya gregetan tidak kurang dari lima detik Visit tersebut tiba-tiba menghilang. Sejenak berfikir "loh kok cepat banget" padahal artikel atau postingan saya itu panjang amat (kurang lebih 1500 kata) bagaikan jalan trans papua barat, visitnya baca apanya pa cuman judul doang heheh.

Usut tak usut saya kembali ke bloger melihat kesalahan, dan saya mencoba meneliti dengan cara mengeceknya di data struktur google, dan hasilnya menurut saya tidak ada yang salah. Nah.. disitu kebingungan saya bertambah, Tapi kurang dari 10 menit tanpa disengaja saya mendapatkan referensi yang belum terfikirkan sebelumnya yaitu KECEPTAN AKSES HALAMAN BLOG

Tanpa panjang lebar saya langsung mecoba melihat hasil postingan saya dengan meminjam hp serta laptop teman, dan mencoba untuk mengakses blog saya sendiri. Dan akhirnya teng..teng.. ternyata untuk masuk halaman saja saya sempat buat kopi (kurang lebih 30 detik). dan saya mencoba cek di layanan Skor Speed halaman blogger, Skor yang di dapat ternyata F atau 40%. nah disinilah saya dapat berkesimpulan bahwa visit kabur karna blog saya terlalu berat untuk di akses sehingga para pengunjung merasa jenuh mnunggu dan khirnya kabur.

Baca : Cara Mengetahui Kecepatan Loading Pada Blog

Nah itu tadi sedikit cerita berdasarkan dari pengalaman saya sendiri, dan akhirnya dari situ saya rubah minset saya dalam bermain blogger, mulai dari manakah saya rubah ? Ok dari pada banyak bacot saya bagikan juga dimana letak kesalahan dan perbaikan yang perlu Anda perhatikan dalam dunia publisher dari awal hingga akhir yang perlu di perhitungkan ialah.

Tentukan Template atau Tema
Pada awal membuat blog pastinya tema di utamakan, dan tema tersebut harus menyesuaikan nice atau topik pada blog, tapi sebenarnya tidak jadi masalah cuman kurang singkron saja, kan tidak mungkin topiknya download film tapi Template/Temanya jenis News, Tapi pada intinya didalam tema tersebut jangan terlalu berlebihan embel - embel contoh penamabahan CSS,JS dsb. pada itinya sesuaikan dengan kebutuhan utamakan yang rapi, Selanjutnya tema yang Anda pilih memiliki desing Mobile Friendly serta Responsive dan Tidak ada kesalahan di data terstruktur, Kalau untuk SEO itu belakangan (karna bisa di otak atik atau modif).

Mobile Friendly
Mungkin ada yang bertanya - tanya, Gunanya apa Mobile Friendly? ok sedikit saya jelaskan dari namanya kita sudah tahu yaitu "Mobile" dimana tujuannya adalah agar website atau blog kita bisa tampil stabil atau bahasa umumnya bisa beradaptasi, tampil dengan baik (tidak berantakan) dan mudah dalam navigasi pada perangkat apapun, entah itu dari handphone, samrtphone, tablet, desktop dsb. Untuk mengecek Template/Tema website atau blog Mobile Friendly disini :

Template Responsive
Gunanya apa lagi itu Responsive? hampir mirip-mirip sih dengan mobile Friendly ya kalau dibilang mobile Friendly itu subnya dari responsive dalam arti templet dapat menyesuaikan panjang lebar di semua perangkat. Dan untuk pengecekan Template/Tema blog Responsive disini :

Cek Data berterstruktur
Kegunanya data berterstruktur, jadi apabila templet atau tema Anda terstruktur tidak ada masalah (error) maka secara otomatis templet blog Anda bisa bersahabat oleh searce engine sehingga artikel yang kita buat mudah terindex. untuk pengecekan data terstruktur ada kesalahan atau tidak bisa cek disini :

Cara Atau Trik Mempercepat Loading pada Blog
Ok itu tadi penetuan template atau tema pada blogger sekarang yang paling penting serta paling menonjol dalam dunia publisher adalah kecepatan akses halaman blogger, dan ini adalah kesalahan saya selama ini, Langsung saja yang perlu di perhatikan maupun di perhitungka :

Widget
Tidak di pungkiri semakin banyak widget yang anda miliki secara otomatis blog maupun website makin berat, tapi intinya semua kembali ke Anda jadi sesuikan saja widget dengan kebutuhan Anda. Tapi recomendasi Sisipkan widget yang penting saja seperti, Post Populer, Label, Arsip, dan post terbaru, gunanya untuk mempermudah visit untuk menavigasi isi tentang blog yang anda miliki.

Image atau Gambar
Dan terakhir menurut pendapat saya yaitu  image atau gambar mulai dari artikel atau posting, header, dsb. Semakin banyak image atau gambar di blog Anda maka otomatis juga blog ataupun website Anda semakin berat (lelet), apalagi image atau gambar yang Anda upload sizenya besar - besar.

Mungkin akan menjadi pro dan kontra atau kalau di bilang serba salah diberikan image size kecil agar ringan tapi gambar malah burem kalau tidak di berikan image atau gambar susah juga untuk menjelaskan para pengunjung memahami dari isi artikel kita , seperti blog ane setiap artikel terlalu banyak image dimana tujunannya untuk memperjelas dan mudah di pahami pengunjung (blog dahulu), Tapi semua sudah saya rubah, hanya sedikit mensisipkan gambar yang menurut saya penting saja selain itu image tersebut saya compress akan tetapi tanpa mengurangi kualitas gambar caranya bisa menggunakan editing gambar dari software seperti PS dsb, Mungkin itu terlalu ribet bagi anda sehingga kurang efisien, tapi tenang!! saya punya alternatifnya  yaitu menggunakan tool di situs compres image Online, sebenarnya sih banyak layanan compress image online yang bertebaran di internet tingga anda serace saja, cuman salah satu yang saya sering saya gunakan ialah compressjpeg.com dimana di situs tersebut memiiki banyak kelebihan selain bisa mengkompres jenis file image jpg, png situs terebut bisa mengcompres file pdf.

Cara Menggunakannya
  • Pertama - tama pergi ke situs compressjpeg.com
  • Pilih jenis file image atau gambar Anda yang ingin di kompres
  • Pastikan jenis image yang anda miliki sesui dengan tab di samping sebelah kanan, misalkan image yang anda miliki jpg, otoamtis anda harus Upload file image atau gambar Anda jpg.
  • Setelah anda pilih secara otomatis image atau gambar Anda akan di kompres (tunggu saja proses compress) setelah selesai maka muncul keterangan download dan anda tingglal mengkliknya.
  • Atau Anda bisa mengupload banyak gambar, Upload Semua gambar maka secara otomatis semua gambar akan di proses, setelah semua selesai, maka akan muncul atau timbul Icon Download All (klik saja DOWNLOAD ALL untuk mendownload semua gambar yang di kompres) biasanya jenis ekstensinya download all ialah zip, jadi perlu di extract lagi.

Setelah semua anda lakukan, maka cobalah untuk mengecek skor kecepatan di layanan yang menyediakan dimana linknya ada di atas . Ok Itulah penjelasan singkat saya, Mengenai Efek buruk beratnya akses blog yang mengakibatkan kaburnya para visitor dimana berdasarkan pengalaman, dan tidak kalah pentingnya juga bawah lambatnya blog yang anda miliki akan menghambat pengindexkan pada mesin pencarian,

Oh ya!! Sedikit saja be'argumen, pernah tidak berpikir para legend atau master blogger dengan kata lain yang sudah lama dalam dunia blogger, dimana meraka juga menjual tema atau template yang mereka buat dengan mengatakan WOW, SEO, Mobile Friendly, Responsive, keren, cantik bla.. bla.. dsb.  Akan Tetapi mereka sendiri tidak memakai (Mayoritas loh ya berarti ada yang minoritas heheh), Malah memakai template yang biasa-biasa saja dan terlihat simpel tidak neko - neko, dimana template yang di buat sendiri atau modif sendiri, dan terkadang tidak diperjual belikan (pribadi) kenapa? karna selain efek buruk dimana gonta ganti tema atau template juga dipandang jelek oleh searce engine. Ternyata templet mereka juga lebih cepat, Maka dari itu blog atau websitenya mereka kalau dilihat simpel dan sederhana saja (tidak ada menarik dari segi tampilan), tapi yang jelas berdasarkan penjelasan saya diatas atau argumen saya jangan dimasukan secara mentah - mentah karna itu semua kembali di tangan Anda.

Penutup
Sekali lagi Dalam tutorial diatas tidak bermaksud untuk menyaranin atau Merecomendasikan karna semua kembali ke tangan Anda , dan apabila ada yang salah serta kurang dalam penjelasanya mohon dimaklumi karna saya sendiri masih pemula dalam dunia blogger dan mungkin kita bisa berdiskusi di komentar

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon