Tuesday, August 1, 2017

Pendaftaran CPNS 2017 Dibuka

Berdasarkan situs resmi, bahwasanya pada hari selasa tanggal 1 agustus telah dibukakan pendaftaran tes CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) hingga berakhir pada 31 agustus 2017, dan perlu anda ketahui bahwasannya sistem pendaftannya menggunakan sistem online sedangkan untuk tes atau ujiannya nanti akan menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) dimana tujuannya untuk menyeleksi beberapa orang yang bisa masuk kiteria menjadi PNS tapi itupun masih berlanjut dengan ditentukan oleh masing-masing Instansi.

Cara daftar CPNS 2017

Nah.. bagi anda yang berminat mengikuti atau mendaftar tes CPNS ini, maka segeralah atau bergegas mendaftar dengan mengunjungi ke situs resminya yaitu https://sscn.bkn.go.id/, saran gunakanlah device versi dekstop (PC maupun Laptop) dimana sudah terinstal Adobe Acrobat Reader atau menggunakan browser Chrome dan tekoneksi printer. Akan tetapi sebelum anda mendaftarkan diri maka ada beberapa persyaratan atau kiteria yang perlu anda ketahui dengan kata lain yang bisa mengikuti tes cpns ini diantaranya :
Syarat serta kiteria dalam melamar Tes CPNS
  • WNI (Warga Negara Indonesia)
  • Tidak Pernah mendapatkan kasus (yang melakukan tindak pindana)
  • Memiliki Surat keterangan Bebas Nark0ba atau NAPZA dari rumah sakit atau dengan kata lain tidak pernah mengunakan obat terlarang
  • Bersedia di tempatkan di daerah seluruh wilayah indonesia (dengan kata lain siap ditempatkan dimanapun (indonesia) walaupun di wilayah pelosok atau terpencil). 
  • Tidak berato dan bertindik (bekas maupun masih ada)
  • Sehat jasmani dan rohani dan masih banyak lagi, dan itu hanya sebagian dari persyaratan umum, sedangkan untuk khususnya seperti kiteria pelamaran untuk menjadi pns memiliki 4 kategori diantranya : Cumlaude, Disabilitas, putra/putri papua dan umum. Untuk lebih jelasnya anda bisa membaca di link ini : https://sscn.bkn.go.id/jadwal

Mekanisme Serta Cara Pendaftaran CPNS 2017
Jika anda sudah membaca serta telah memenuhi syarat untuk melamar tes PNS di link ini : https://sscn.bkn.go.id/jadwal maka tugas anda selanjutnya mendaftarkan diri anda dimana pendaftarannya memiliki beberapa step registrasi, dan inilah mekanisme atau prosedur untuk mendaftarkan diri, Pertama - tama anda perlu mengujungi situs di link ini:
https://sscnakun.bkn.go.id/registrasi.html
1. Copy dan pastekan link diatas ke url web browser anda lalu tekan enter, Maka secara otomatis anda akan menuju ke sebuah halaman register, Tugas anda selanjutnya yaitu mengisi biodata anda baik dan benar diantaranya : 
  • NIK (Nomor Induk Kependudukan 16 digit) yang terdapat pada KTP 
  • Nomor KK (Kartu Keluarga 16 digit) dan terkahir isi captcha lalu klik Lanjutkan

2. Setelah anda klik lanjutkan maka otomatis anda akan menuju ke step 2, yaitu untuk melengkapi biodata dan pastikan juga harus benar, tapi biasanya untuk NIK, Nama (KTP) serta Tempat Lahir otomatis telah terisi, Tugas anda cukup mengisi kolom yang kosong seperti :
  • Nama tanpa gelar (data dari ijazah) 
  • Tempat Lahir kab/kota (data dari ijazah) 
  • Email (pastikan yang aktif) 
  • Password serta verifikasi password (mengulang), harus ingat kalau perlu di catat
  • Pertanyaan pengaman 1 dan 2 
  • Terakhir mengisi captcha dan 
  • Klik Daftar
Setelah anda klik daftar, maka akan muncul sebuah halaman pop up dengan keterangan kurang lebih seperti ini "apakah anda yakin submit data pendaftaran" jika anda yakin maka tekan OK.

3. Selanjutnya anda akan menuju kehalaman step 3 yaitu tentang informasi akun atau pendaftaran, nah disini anda perlu pengeprint atau mencetak kartu informasi akun dengan mengklik "Cetak informasi Pendaftaran", sebagai bukti telah berhasil mendaftar atau meregistrasi test CPNS (Simpan baik - baik jangan sampai hilang). Dan terakhir Klik "Lanjutkan Login Pendaftaran" atau menuju ke situs https://sscnakun.bkn.go.id lalu klik login, isi NIK serta password yang sebelumnya anda daftarkan dimana akan menuju kehalaman untuk mengisi form berikutnya. Diantaranyanya :
  • Tab Form Biodata Pelamar : dimana pada form ini perlu melengkapi diantaranya : alamat domisili, provinsi, kabupaten/kota, nomor telepon, tinggi badan, status kawin dan nomor hp, setelah anda isi dan merasa fix maka klik Simpan. Lanjut ke 
  • Tab Pendaftaran SSCN : Dimana Form ini untuk memilih jenis Formasi, pilih sesuai dengan formasi yang telah dibuka oleh instansi, selanjutnya Pilih instansi yang dituju, lalu klik cek maka anda akan menemukan sebuah halaman pop up diantaranaya tantang "instansi yang di pilih" dan pop up "submit data pendaftaran" jika anda yakin maka tugas anda yaitu tekan ok, maka secara  otomatis anda akan menuju lagi ke form pendaftaran SSCN, isi baik dan benar diantaranaya pilih Pendidikan berdasarkan ijazah, jabatan yang ingin dilamar dan seterusnya. Setelah anda isi dan menurut anda fix maka selanjutnya klik Daftar, secara otomatis data pelamar akan masuk ke database SSCN 2017. Setelah anda klik daftar otomatis anda akan menuju sebuah halaman "Cetak Kartu Pendaftaran" klik saja, simpan kartu pendaftaran SSCN tersebut. Selanjutnya ke
  • Tab Riwayat : Adalah sebuah tab untuk melihat, mencetak (ulang/lagi) data pendaftaran serta mengupload file document yang di peruntukan intansi, dan jika pelamar yang dinyatakan telah Lulus verifikasi maka perlu mencetak kartu ujian dengan cara klik tab cetak dibagian kolom ujian dimana sebagai bukti untuk melanjutkan ke tahapan seleksi berikutnya. 
Untuk lebih jelasnya tutorial serta dengan gambarnya anda bisa meliat atau mendownload Buku Petujuk pendaftaran SSCN di link ini https://sscn.bkn.go.id/alur dengan mengklik tab link "BUKU PETUNJUK PENDAFTARAN SSCN 2017 V.1" dimna anda akan di arahkan ke google drive.

Catatan : Pelamar hanya bisa mendaftar serta memilih 1(satu) intansi dan memberikan informasi sesuai kualifikasi pendidikan selain itu juga bahwasanya pendaftaran hanya ada di situs https://sscn.bkn.go.id, selain dari situs tersebut maka situs yang lain adalah penipu

Demikian Informasi yang bisa saya dapat sampaikan, jika ada kesalahan serta penyampaian kurang di menegerti, saya mohon maaf sekian dan terima kasih.

Artikel Terkait

4 comments

punya saya kok gak bisa msukkn tempat lahir kab/kota ijazah oleh nya d ijasah nama dusun

oh itu cara mengatasinya jangan nulis langsung atau cepat bro, maksudnya coba untuk menulis secara pelan - pelan maka secara otomatis akan muncul pilahan daerah kamu

MAAF MW NANYA... SY UDAH MNDAFTAR TP DI SAAT STEP KE 2 MASUKIN BIODATA DLL DAN KLIK DAFTAR SAMBIL MENUNGGU PROSES LOADING TIBA" JARINGAN ERROR. KETIKA JARINGAN STABIL DATA" TD SEMUAX HILANG DAN SY MELAKUKAN PENDAFTARAN ULANG TP KETIKA KLIK LANJUTKAN YG KELUAR NIK ANDA SUDAH TERDAFTAR. UTNTUK STEP KE 3 DLL BELOM BISA DLANJUTKAN.
GMANA YA

maaf mas untuk masalah ini saya tidak bisa jawab mas, karna saya sendiri bukan pengurusya hehe, tapi anda bisa menuju ke link ini mas agar tau jawabannya https://sscn*bkn*go*id/kontak ubah bintang menjadi titik (.), dimana link tersebut akan menuju tempat pelayanan atau call center sleksi cpns anda bisa menghubungi dan bertanya tentang masalah anda


EmoticonEmoticon