Friday, June 22, 2018

Cara Daftar CPNS Online 2018

Setiap tahunnya pemerintah selalu membuka seleksi CPNS untuk ditempatkan di berbagai instansi pemerintahan. Setiap tahunnya daftar orang yang mengikuti seleksi CPNS juga semakin bertambah dengan pesat. Tidak hanya ratusan ribu, pendaftar seleksi CPNS mencapai sudah mencapai jutaan. Hal ini dikarenakan semakin banyak orang yang menyadari, menjadi PNS dapat memperoleh banyak keuntungan diantaranya yaitu :

CARA PENDAFTARAN CPNS 2018

Baca Juga : CARA DAFTAR CPNS 2017

Jarang Terjadinya PHK
Jika kamu bekerja di perusahaan swasta, kamu pasti akan merasa khawatir jika sewaktu-waktu terjadi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Namun, jika kamu menjadi PNS kamu tidak perlu khawatir. Pekerjaan PNS memberikan kamu jaminan pekerjaan dan jarang terjadinya PHK. Sehingga kamu pun bisa bekerja dengan tenang dan fokus.

Banyak Tunjangan Selain Gaji Pokok
Inilah salah satu manfaat yang membuat orang tertarik menjadi PNS. Dengan menjadi PNS, kamu akan mendapatkan gaji pokok yang pasti setiap bulan dan tunjangan lainnya seperti pensiun, uang THR dan gaji yang bertambah setiap kenaikan pangkat.

Jam Kerja yang Pasti Bisa Digunakan Berwirausaha
Salah satu keuntungan menjadi PNS, karena PNS memiliki jam kerja yang pasti setiap harinya. Libur kerja PNS pun juga pasti setiap minggunya. Karena jam kerja yang pasti ini, kamu bisa memanfaatkan waktu luang untuk melakukan kegiatan berwirausaha sebagai kerja sampingan.
Nah itulah manfaat menjadi PNS yang membuat semua orang tertarik untuk mendftar menjadi CPNS. Mendaftar CPNS pun juga sangat mudah, kamu bisa melakukan pendaftaran online dimanapun dan kapanpun. Apakah kamu tertarik untuk mendaftar CPNS ? berikut ini adalah cara daftar CPNS online beserta penjelasannya. Yuk simak ulasan dibawah ini!
Cara Daftar CPNS Online
Sebelum daftar CPNS online, terlebih dahulu kamu harus menyiapkan berkas yang dibutuhkan diantaranya yaitu :
1. Kartu Keluarga
2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
3. Ijazah
4. Pas foto 4X6 dengan background berwarna merah
5. Transkip NIlai
6. Berapa bekas lain sesuai permintaan instansi yang dituju
Setelah berkas sudah lengkap kamu bisa melakukan pendaftaran CPNS online. Berikut ini adalah cara melakukan pendaftaran CPNS online :

a. Mengakses Formulir
Langkah pertama daftar CPNS online yaitu dengan mengakses formulir untuk melakukan pendaftaran. Kamu bisa mendapatkan formulir di situs resmi pemerintah yaitu https://wwww.panselnas.go.menpan.id . Jika kamu menemukan situs pendaftaran selain link tersebut, maka kamu harus berhati-hati karena hal tersebut bisa jadi adalah penipuan.

b. Mengisi Formulir
Setelah mengakses https://wwww.panselnas.go.menpan.id kamu diharuskan untuk mengisi formulir tersebut. Biasanya kamu akan disuruh untuk mengisi identitas seperti KTP dan berbagai identitas lainnya. Isilah formuir tersebut dengan benar dan teliti, jangan sampai ada yang salah sedikit pun karena hal tersebut dapat berakibat fatal dan membuat kamu gagal untuk daftar CPNS.

c. Memilih Kolom Instansi
Setelah mengisi berbagai identitas,tahap selanjutnya kamu akan memilih kolom instansi sesuai dengan instansi yang akan kamu lamar. Sebelum memilih kolom instansi, pastikan instansi yang akan dipilih membuka seleksi pendaftaran CPNS. Jika instansi yang dipilih tidak membuka proses seleksi CPNS, maka pilihan instansi tidak akan muncul di kolom tersebut.

d. Mengisi Username dan Password
Setelah memilih kolom instansi kamu akan diarahakan ke sebuah halaman dan diwajibkan untuk mengisi username dan password. Pengisian username dan password ini bertujuan untuk mendaftar tahap selanjutnya di website yang berbeda. Dalam pemilihan password, pastikan password mudah diingat dan tidak terlalu rumit. Karena jika kamu lupa password kamu tidak bisa mendaftar ke tahap selanjutnya dan gagal dalam seleksi CPNS.

e. Melakukan Pendaftaran Tahap Selanjutnya
Setelah menentukan username dan password di website www.panselnas.go.menpan.id, selanjutnya kamu harus membuka website https://sscn.bkn.go.id . Setelah kamu membuka https://sscn.bkn.go.id kamu diharuskan login mengisi username dan password yang sudah kamu daftarkan di www.panselnas.go.menpan.id. Pastikan username dan password sudah sesuai dengan yang kamu isi sebelumnya agar bisa melakukan proses login.

f. Proses Pengisian Formulir
Setelah berhasil login di situs https://sscn.bkn.go.id kamu diharuskan mengisi formulir kembali sesuai dengan identitas sebenarnya. Dalam pengisian formulir tahap kedua ini, kamu wajib mengisikan data seperti nilai IPK bagi pelamar dengan gelar sarjana, serta mengisi nilai ijazah bagi pelamat tamatan SMA/SMK. Selain itu kamu juga mengunggah berkas yang sudah disiapkan sesuai syarat diatas.

g. Memilih Formasi yang Akan Diikuti
Setelah mengisi berbagai formulir dengan lengkap, pada tahap akhir akan muncul berbagai pilihan formasi yang akan kamu ikuti dalam pendaftaran CPNS. Dalam memilih formasi ini, kamu wajib memilih sesuai dengan syarat yang sudah ditentukan oleh instansi pemerintahan di pusat maupun daerah.

h. Mencetak Bukti Formulir Pendaftaran
Jika kamu sudah menyelesaikan seluruh pendaftaran, kamu akan diberikan bukti pendaftaran. Bukti pendaftaran bisa kamu print jika lolos ditahap pertama. Bukti pendaftaran ini digunakan untuk pendaftaran tahap selanjutnya.

BACA JUGA : MENGATASI MASALAH TEMPAT LAHIR CPNS

Nah itulah cara pendaftaran CPNS online beserta penjelasannya. Sangat mudah bukan ? pendaftaran online ini sangat membantu kamu dalam seleksi CPNS. Dengan pendaftaran online, kita bisa daftar dimanapun tanpa perlu ribet.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon