Sunday, August 12, 2018

Cara Daftar CPNS Beserta Tempat Daftarnya

PNS atau Pegawai Negeri Sipil merupakan salah satu profesi yang paling besar di Indonesia. Berdasarkan penelitian hingga saat ini anggota PNS di Indonesia mencapai hingga 4 jutaan jiwa. Pekerjaan PNS ini yaitu menjadi pengabdi negara dan ditempatkan di berbagai instansi pemerintahan di berbagai daerah.

Seperti ditempatkan di bagian keuangan, kesehatan dan berbagai instansi lainnya.
Tidak hanya menjadi pekerjaan paling besar di Indonesia, pekerjaan PNS ini merupakan pekerjaan yang sangat diidamkan oleh sebagian besar orang. Karena pekerjaan PNS ini memiliki berbagai keuntungan seperti jarang adanya PHK, pekerjaannya pasti, dan selalu mendapatkan bonus maupun tunjangan yang cukup besar.


Tempat dafyat CPNS 2018

Nah peluang kerja menjadi anggota PNS selalu dibuka oleh pemerintah setiap tahunnya. Apakah kamu juga salah satunya yang ingin berprofresi sebagai PNS ? buat kamu yang merupakan CPNS atau Calon PNS, yuk simak cara daftar CPNS beserta tempat daftarnya dibawah ini!

Baca Juga : Tips dan Trik Agar Lolos Ujian CPNS 2018

Syarat Daftar CPNS
Sebelum daftar CPNS terlebih dahulu kamu harus mengetahui syarat apa saja yang diperlukan untuk daftar CPNS. Berikut adalah syarat yang harus kamu penuhi sebelum dafar CPNS :

1. Persyaratan Umum Daftar CPNS
Untuk daftar CPNS , kamu harus mengetahui persyaratan umum seperti : merupakan Warga Negara Indonesia, Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, Memliki kepribadian yang baik artinya, tidak pernah melakukan tindak pidana atau tidak pernah dipenjara, kemudian sehat jasmani dan rohani, mempunyai integritas dan disiplin yang tinggi dan persyaratan umum yang terakhir yaitu memiliki keahlian dan keterampilan yang diperlukan.

2. Persyaratan Khusus
Persyaratan khusus untuk daftar CPNS yaitu berusia serendah-rendahnya yaitu delapan belas tahun dengan dibuktikan foto copy kartu tanda penduduk yang masih berlaku. Jika usia lebih dari 35 tahun, harus masih bekerja di perusahaan swasta atau instansi pemerintah sampai pendaftaran CPNS dibuka. Hal ini dibuktikan dengan membawa fotocopy surat keputusan bukti pengangkatan yang pertama dan terakhir.

3. Persyaratan Administrasi yang Wajib Untuk Dilengkapi
Setelah memenuhi persyaratan umum dan persyaratan khusus, ditahap daftar CPNS selanjutnya kamu harus melengkapi adminstrsi yang dibutuhkan  seperti :

  • Pas foto terbaru ukuran 4x6 sebanyak empat lembar dengan menggunakan background berwarna merah.
  • Foto Copy KTP dan Ijazah Pendidikan Terakhir yang telah dilegalisir
  • Transkip nilai yang sudah dilegalisir
  • Surat keterangan sehat dari dokter dan SKCK dari polsek setempat
  • Jika kamu memiliki sertifikat TOEFL , kamu bisa melampirkannya dengan fotocopy sertifikat TOEFL tersebut.


Cara Daftar CPNS 2018
Nah setelah melengkapi dan memenuhi persyaratan umum,khusus dan administrasi kamu sudah bisa mendaftar CPNS.  Berikut ini adalah alur dan tata cara pendaftaran CPNS :

1. Melakukan Pendaftaran di Portal CPNS
Langkah pertambah dalam mendaftar CPNS yaitu melakukan pendaftaran secara online di portal masing-masing kementrian dan daerah masing-masing pendaftar. Di portal tersebut, kamu akan melakukan pengisian formulir secara online. Isilah formulir dengan benar sesuai petunjuk.

2. Mendapatkan Bukti Pendaftaran
Setelah melakukan pengisian formulir kamu akan mendaftarkan bukti nomor pendaftaran. Jangan lupa untuk mencetak formulir kamu dan jangan lupa menandatangani formulir pendaftaran.

3. Menunggu Pengumuman Tahap Pertama
Setelah mengisi formulir dan mendapatkan bukti pendaftran kamu tinggal menunggu pengumuman tahap pertama. Seleksi tahapan pertama ini yaitu seleksi administrasi atau seleksi berkas yang telah diunggah. Rajin-rajinlah untuk membuka portal CPNS daerah kamu hingga mendapatkan info pengumuman seleksi tahap pertama.

4. Pengiriman Berkas Administrasi
Jika ditahap pertama kamu dinyatakan lolos, kamu wajib melakukan daftar ulang untuk mengikuti seleksi tahap berikutnya. Dalam pendaftaran ulang ini, kamu diwajibkan mengirim berkas-berkas administrasi yang sudah disebutkan diatas melalui kantor pos. Masukkan berkas tersebut kedalam amplop coklat dengan alamat yang ditujukan ke instansi pemerintah tempat kamu melamar.

5. Melaksanakan Ujian
Setelah mengirimkan berkas administrasi diatas, kamu tinggal menunggu pengumuman untuk seleksi administrasi tahapan kedua.  Jika kamu dinyatakan lolos dalam seleksi administrasi tahapan kedua, kamu sudah siap untuk seleksi tahapan selanjutnya yaitu melaksanakan ujian tertulis. Ujian tersebut merupakan test psikotes, hingga pengetahuan umum.

6. Wawancara dan Test Kesehatan
Jika kamu dinyatakan lulus dalam ujian tertulis, kamu akan melakukan tahap pendaftaran  CPNS selanjutnya yaitu test wawancara dan test kesehatan. Di test wawancara, kamu akan ditanyai seputar berita yang tengah berkembang. Setelah test wawancara kamu kaan di test kesehatan seperti pengukuran tinggi badan dan berat badan, test buta warna dan pendengaran.

7. Melakukan Diklat
Setelah lolos wawancara dan kesehatan, kamu sudah resmi bekerja menjadi PNS. Namun sebelum diangkat menjadi PNS,  kamu harus melakukan diklat pra jabatan selama satu bulan. Setelah melakukan diklat ini kamu pun sudah resmi diangkat menjadi PNS.

Nah itulah cara daftar CPNS yang harus kamu ikuti. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, tempat pendaftaran CPNS dilakukan di masing-masing instansi pemerintahan di daerah. Ikutilah seluruh petunjuk dengan benar agar kamu bisa lolos dalam daftar CPNS.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon