Tuesday, December 31, 2019

Persyaratan Serta Peraturan Youtube 2020

Tags

Youtube merupakan salah satu produk yang saat ini mempunyai banyak pengguna diseluruh dunia bahkan di Indonesia sendiri pun Youtube menjadi sarana untuk mencari uang, bahkan tidak tanggung-tanggungn untuk dijadikan sumber penghasilan utama seseorang.

persyaratan youtube

Hal itu dikarenakan Youtube mempunyai program monetasi yang pastinya akan menguntungkan sang pemilik konten jika banyak orang yang melihat dan terdapat orang yang melihat atau mengunjungi iklan yang keluar. Melihat hal itu pastinya akan ada banyak para Youtuber baru yang bermunculan karena mengetahui bahwa Youtube bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah bahkan hingga beratus-ratus juta dan mengakibatkan orang yang kurang menjadi lebih mampu dalam urusan finansial.

Namun, hal itu sedikit mengurang karena di tahun 2019 hingga 2020 nantinya terdapat kebijakan dari Youtube sehingga membatasi untuk bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah. Apa saja persyaratan dan peraturan tersebut? Langsung saja cek dibawah ini.

Sebenarnya sebelum ada fitur monetasi ini sudah banyak juga orang yang membuat video dan melakukan uploading ke Youtube, namun pastinya jumlahnya tidak sebesar saat Youtube memberikan fitur monetasi ini.

Apakah kamu tau monetasi dari Youtube itu seperti apa? Dan bagaimana bentuknya? Nah kamu akan mengetahui segala informasi tersebut bahkan peraturan dan persyaratannya dibawah ini.

Apa sih monetasi Youtube itu?
Monetasi Youtube berarti pengaktifan fitur Youtube untuk bisa menghasilkan uang dari video-video atau konten yang berada di channel yang ada di Youtube itu sendiri.
Jadi, semua para pemilik channel sebenarnya diberi kemudahan dan fasilitas yang sama untuk bisa menghasilkan uang dari Youtube. Namun, pastinya hasilnya berbeda-beda sesuai dengan tingkat konten yang dibuat dan lain sebagainya.

Sistem monetasi di Youtube sendiri yaitu kamu melakukan pengaktifan fitur monetasi dan nantinya Youtube akan melakukan peninjauan apakah kamu cocok menjadi partnernya dengan melihat syarat dan ketentuannya, dan apabila disetujui maka kamu bisa mulai mendapatkan uang dari situ.

Persyaratan melakukan monetasi Youtube
Saat melakukan peninjauan yang telah disebutkan sebelumnya, pastinya pihak Youtube akan melakukan pengecekan dasar apakah channel yang kamu punyai di Youtube sudah sesuai dengan peraturan atau kebijakan yang telah ditetapkannya atau belum.

Jika dasarnya saja belum, maka bisa dipastikan kamu akan langsung ditolak oleh pihak Youtube. Nah, sebenarnya apa saja sih persyaratan dan peraturan Youtube untuk bisa dimonetasi ditahun ini bahkan tahun 2020 nanti? Lihat dibawah ini untuk mengetahuinya.

  • Melakukan upload konten yang sesuai aturan
Aturan yang pertama kali harus kamu fahami yaitu mengenai konten yang kamu upload. Jika konten tersebut melakukan pelanggaran aturan pastinya hal itu tidak akan dimudahkan oleh Youtube untuk di konfirmasi monetasinya.

Misalkan kamu melakukan upload konten berbau pornografi, kekerasan, dan lain sebagainya yang dilarang oleh Youtube maka nantinya channel kamu kemungkinan besar tidak akan di setujui proses monetasinya.

  • Memenuhi jumlah tayangan lebih dari 4000 jam selama 1 tahun terakhir
Hal selanjutnya yang harus kamu lakukan yaitu membuat konten atau video yang kamu upload tersebut menghasilkan tayangan yang lebih dari 4000 jam selama 12 bulan terakhir atau bisa dibilang atau bisa dibilang total tayanganmu harus mencapai 167 hari nonstop ditonton.

Namun pastinya hal itu tidaklah terlalu berat sebenarnya karena 4000 jam itu untuk 1 tahun atau 12 bulan dimana merupakan total tayangan yang ada di channelmu. Berarti kamu bisa melakukan upload video sebanyak-banyaknya, sehingga kamu bisa dengan mudah mencapai angka tersebut.

  • Mempunyai lebih dari 1000 subscribers
Beberapa bulan atau tahun terakhir, Youtube memberikan kebijakan mengenai hal ini untuk bisa melakukan monetasi. Oleh sebab itu, kamu juga harus rajin mencari subscribermu supaya channelmu bisa dimonetasi dan akhirnya kamu bisa mendapatkan uang didalamnya.

Sangatlah mudah untuk mendapatkan subscriber dengan angka segitu jika kamu memang berniat untuk melakukan monetasi. Supaya kamu bisa mendapatkan angka 1000, kamu bisa membuat video yang menarik supaya viewermu mau melakukan subscribe pada channelmu.

Peraturan Youtube terbaru menjelang tahun 2020
Menjelang tahun 2020, pihak Youtube pun tidak hanya tinggal diam apalagi karena adanya protes dari instansi maupun yang lainnya mengenai kebijakannya. Pihak Youtube pun akhirnya melakukan perbaikan dan perubahan-perubahan didalam situsnya.
Beberapa diantaranya adanya peraturan mengenai channel dan lain sebagainya yang akan kamu ketahui dibawah ini.

  • Pelarangan iklan pada konten anak-anak
Saat ini terdapat wacana bahwa konten Youtube yang memua mengenai anak-anak akan dibatasi iklannya atau dihilangkan sehingga bagi kamu yang berfikir akan membuat konten mengenai anak-anak maka harus berhati-hati.

Hal ini muncul karena terdapat instansi yang menyebutkan Youtube memiliki pelanggaran didalamnya terlebih mengenai pelanggaran UU Privasi Anak sehingga instansi tersebut (COPPA) melarang Youtube untuk menampilkan iklan untuk anak dibawah 13 tahun. Pastinya hal itu harus kamu ketahui agar kamu mengurungkan niat untuk membuat konten berbau hal  tersebut karena monetasinya akan semakin dipersulit bahkan akan dihilangkan.

  • Penghapusan konten yang melanggar dengan cepat
Youtube pun membuat kebijakan baru untuk konten yang melanggar seperti adanya ujaran kebencian hingga prank yang merugikan orang lain untuk dihapus atau ditangguhkan secara cepat.

Hal itu merupakan pernyataan dari pihak Youtube secara langsung yang dimuat di layanan berita yang bernama suara. Oleh sebab itu, kamu harus berhati-hati dalam membuat konten karena bisa jadi setelah kamu susah-susah membuat konten malah ternyata tidak menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Itulah beberapa persyaratan untuk melakukan monetasi di Youtube beserta terdapat beberapa kebijakan terbaru dari Youtube di tahun 2020 ini yang pastinya wajib kamu ketahui supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan kedepannya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon