Thursday, January 30, 2020

Cara Setting Template Blogger Agar Lebih Seo

Tags

Memiliki blog dengan standar SEO yang baik menjadi suatu keharusan bagi seorang blogger. Maka tidak heran jika banyak dari mereka terus mencoba agar blog mereka lebih optimal dalam hal SEO. Salah satunya dengan melakukan setting template agar lebih SEO. Jika paham mengenai teknik ini, banyak manfaat yang akan dirasakan ketika menggunakan template SEO friendly. Salah satunya yang jelas agar blog bisa bersaing dengan competitor di mesin pencarian. Karena dengan cara inilah blog bisa mendapatkan pengunjung yang nantinya berpengaruh terhadap penghasilan blog.

Cara Setting Template Blogger Agar Lebih Seo dan responsif

Sebenarnya membuat template menjadi SEO tidak terlalu sulit. Terlebih saat menggunakan template premium dengan segudang kemudahan yang ditawarkan. Developer biasanya akan memberikan tutorial mengenai pengaturan template agar lebih SEO. Namun jika tidak ada, tidak perlu khawatir, karena sebenarnya hal ini bisa dilakukan dengan mudah. Tips Setting Template Agar Lebih SEO

Baca Juga : Templet terbaik 2020
 
1. Mengurangi Widget Blog

Salah satu penyebab blog kurang diminati pembaca dan sulit bersaing di search engine adalah karena terlalu banyak widget. Bagi blogger yang baru saja memulai kegiatan blogging, biasanya akan sangat tertarik untuk menambahkan banyak widget pada blog. Widget ini bisa berupa kalender, jam, efek kursor dan sebagainya. Semua widget ini bisa diatur dengan mudah pada template yang digunakan. Namun agar blog lebih bagus untuk SEO, hindari penggunan widget yang terlalu banyak. Selain membuat blog menjadi lebih berat, sistem search engine juga akan mendeteksi hal ini sebagai penilaian negatif. Terlebih saat ini kebanyakan blog yang dikelola oleh blogger professional menggunakan tampilan template yang simpel.

2. Membuat Navigasi Yang Mudah
Beberapa menu bar yang biasanya terdapat pada blog merupakan navigasi yang sangat penting. Navigasi berguna untuk memudahkan pengunjung ketika hendak mengakses konten tertentu. Untuk itu, lakukan pengaturan sebaik mungkin mengenai navigasi ini. Buat agar navigasi mudah untuk digunakan oleh pengunjung, jangan sampai membingungkan. Tata letak navigasi juga perlu diperhatikan, hindari meletakkan navigasi pada bagian bawah blog, samping kiri maupun kanan. Menu navigasi akan lebih maksimal jika diletakkan pada bagian atas. Gunakan warna tulisan menu berbeda dengan backgroudnya, sehinga tidak menyulitkan pengunjung ketika hendak menggunakan menu navigasi ini.

3. Pemilihan Warna Yang Sesuai
Saat ini sistem search engine yang memberikan penilaian pada blog cukup canggih. Sistem tersebut dapat menganalisa ketertarikan pembaca terhadap sebuah blog. Untuk itu, lakukan pengaturan blog agar memiliki tampilan yang nyaman sehingga pembaca akan betah saat membaca berbagai artikel yang ada di dalam blog. Salah satunya untuk melakukan pengaturan warna, umumnya sebuah blog menggunakan warna putih untuk background pada kontennya, dan warna yang soft sebagai warna identitas. Pastikan warna yang digunakan tidak terlalu cerah atau gelap yang bisa membuat pembaca tidak nyaman. Jika tidak bisa menentukan warna sendiri, coba untuk melihat blog lain yang sudah terkenal sebelum menentukan warna yang akan diterapkan pada blog.

4. Melakukan Pengaturan Agar lebih Ringan

Blog yang ringan saat diakses jauh lebih disukai search engine. Ini bisa dibuktikan saat mengakses blog-blog yang berada di halaman pertama Google. Umumnya blog tersebut memiliki durasi loading yang cukup singkat. Karena hal ini berpengaruh terhadap pengunjung ketika mengakses blog. Jika blog lambat saat diakses, maka bisa terjadi kemungkinan pembaca akan berpindah blog. Blogger profesional biasanya akan membuat template seringan mungkin dengan mengurangi widget atau hal lain yang memberatkan. Agar template ringan saat diakses, coba untuk mengurangi widget, memperkecil ukuran gambar saat diupload dan sebagainya. Perhatikan benar-benar hal ini sehingga blog akan lebih cepat untuk diakses walau sedang banyak pengunjung.

5. Atur Iklan Secukupnya

Berbicara mengenai template blog, tak bisa lepas dari yang namanya iklan. Baik template maupun iklan harus disetting agar sesuai. Jangan sampai template mengganggu penayangan iklan, hindari pula iklan yang membuat template menjadi berat. Karena hal ini berpengaruh terhadap penilaian SEO pada blog. Iklan yang terlalu banyak dengan penempatan yang asal-asalan membuat blog kurang bagus.

6. Menggunakan Plugin Seperlunya
Salah satu penyebab blog lambat saat dibuka karena terlalu banyak plugin yang terpasang. Untuk itu, lebih baik gunakan plugin seperlunya saja yang menunjang SEO blog. Jangan sampai plugin yang digunakan berupa nulled, itu sangat berpengaruh terhadap kelangsungan blog. Jika sampai terdeteksi oleh sistem dari search engine, bisa membuat blog terkena deindex. Hal ini membuat blog tidak bisa ditemukan pada mesin pencarian.

7. Pengaturan Meta Tag

Sistem search engine memang sangat canggih, robotnya mampu merayapi script template sehingga bisa mengetahui strukturnya. Meta tags menjadi bagian yang harus disetting dalam sebuah template. Karena dengan pengaturan ini membuat robot search engine akan mengenai keyword, judul, dan deskripsi blog. Hal ini akan membuat pembaca lebih mudah ketika mencari artikel di internet. Ketika meta tags sesuai dengan apa yang dicari oleh pembaca, maka kesempatan blog untuk muncul di halaman pertama semakin besar. Ini menjadi hal penting dalam penerapan SEO pada template blog.

Demikian artikel mengenai setting template blog agar lebih SEO. Pengaturan template perlu dilakukan secara berkala. Sebisa mungkin untuk mengikuti algoritma dari search engine. Selain itu, rutin mengunggah artikel juga akan membantu untuk menaikkan blog dalam mesin pencari. Semua cara di atas bisa dilakukan secara individu, apalagi bagi yang sudah lama menjadi blogger.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon