Saturday, February 15, 2020

Dampak Negatif Sering Meminjam Dana Online

Tags

Pinjaman dana online memang sering menjadi solusi bagi orang-orang yang sedang berada dalam kondisi terpuruk. Tanpa mereka sadari seringkali langkah yang mereka ambil justru akan membawa mereka ke dalam kondisi yang lebih terpuruk lagi dari kondisi sebeumnya. Pinjaman online mematok bunga yang sangat tinggi, sehingga saat anda meminjam uang pada pinjaman online anda di haruskan menanggung beban bunga yang cukup tingi yang pada akhirnya justru akan memberaatkan anda ketika akan melakukan pelunasan.

Dampak Negatif jika seseorang Sering Meminjam Dana Online

Setiap orang memang memiliki kebutuhan hidup masing-masing yang harus di penuhi, baik itu untuk memenuhi kebutuhan keluarga ataupun kebutuhan hidup diri sendiri. Selagi anda masih bisa mengupayakan apa yang menjadi kebutuhan hidup anda, seharusnya anda tidak perlu melakukan pinjaman online ataupun pinjaman ofline sebab keduanya merupakan kebiasaan burruk yang akan terus terbawa hingga masa tua, akibatnya kebiasaan tersebut akan terus terulang dalam kehidupan anda. kebiasaan meminjam uang mennjadi kebisaan yag paling buruk, seseorang yang sudah kenal hutang akan lebih menyepelekan hidupnya dengan bergantung pada orang lain dan juga cenderung malas untuk bekerja.

BACA JUGA : Alasan Banyak Orang Memilih Pinjam Online

Pasalnya mereka hanya mengandalkan uang pinjaman yang mereka dapatkaan secara Cuma-Cuma tanpa mengeluarkan banyak tenaga untuk mencari uang. Segala sesuatu yang bersifat Cuma-Cuma belum tentu akan berdampak baik bagi kehidupan seseorang, bisa jadi malah akan membuat hidup seseorang menjadi lebih rumit di hari-hari berikut.

Pinjaman online yang saat ini banyak di tawarkan oleh perusahaan-perusahaan merupakan sebuah pinjaman yang belum tentu terdaftar oleh OJK sehingga hal tersebut merupakan sebuah pinjaman yang tidak resmi atau illegal. Sesuatau yang bersifat illegal sudah pasti belum memiki jaminan keamanan yang baik, jadi bisa saja sewaktu-waktu terjadi sesuatu yang tidak diinginkan misalnya seperti penipuan dan lain-lain. Sebelum anda menyesali apa yang anda lakukan saat ini sebaiknya anda menghindari segala jenis pinjaman online yang saat ini sedang marak di dunia internet. Agar anda terhindar dari mimpi buruk tersebut maka anda bisa menyimak beberapa penjelasan di bawah ini yang akan membahas tentang dampak negative sering meminjam dana secara online.

1. Bunga yang  Sangat Tinggi
Meminjam dana secara online memang prosesnya sangat mudah, sehingga orang-orang sangat menyukai hal ini. Padahal resiko dari pinjaman online ini sebenarnya sangat tinggi, yang mana setelah mereka mendapatkan pinjaman akan membayar tagihan dengan bunga yang sangat tinggi. Mulanya memang proses peminjaman dipermudah tetapi setelah mendpatkan dana anda akan di tekan terus menerus untuk segera melunasi tagihan anda dengan bunga yang bisa saja tidak sesuai dengan ketetapan awal, apalagi bila anda memlih tenor yang cukup lama tentu bunga yang harus anda bayarkan semakin tinggi. Pastikan bila anda ingin melakukan pinjaman online anda sudah memiliki jaminan atau sudah memiliki pekerjaan yan tetap supaya anda bisa membayar tagihan setiap bulannya dengan rutin. Pasalnya bila anda telat membayar tagihan bulan anda akan dikenai denda dan juga bunga yang semakin tinggi dan bila anda tidak sanggup membayar tagihan maka bisa jadi perusahaan yang menyediakan jasa pinjaman online akan menyita aatau mengambil barang-barang berhargayang anda miliki.

2. Rawan Resiko Penipuan
Biasanya agen pinjaman online akan membuat promo atau membuat iklan yang isinya berupa sebuah iming-iming untuk menarik perhatian para nasabahnya. Iming-iming yang sering dijadikan bahan rayuan adalah meminjamkan dana dengan bunga yang cukup rendah, namun seiring berjalannya waktu setelah mereka mendapatkan target bunga tersebut bisa berubah seketika dan tidak sesuai dengan perjanjian awaal. Kemudian orang yang meminjam dana atau nasabah akan merasa keberatan dan tertekan karena setiap bulannya harus membayar tagihan yang cukup besar. Oleh sebab itu anda perlu hati-hati dan waspada apabila ada iklan atau seorang teman yang mengajak anda untuk ikut bergabung dalam pinjaman online. Pinjaman online saat ini juga sering dimanfaatkann oleh oknum tertentu untuk merampas dan membodohi orang-orang yang masih tinggal di pedasaan atau bisa dibilang masih GAPTEK. Oknum tersebut akan meminjamkan dana kepada masyarakat pedesaan yang membutuhkan layaknya seorang rentenir, kemudian oknum ini akan menunjukkan aksinya dengan koar-koar meminjamkan dana dengan bunga yang sangat kecil atau rendah, padahal ia sendiri juga menggunakan uang yang berasal dari pinjaman online. Jika kita berpikir menggunakan logika, tentu si oknum ini juga akan mengambil utung dari aksi yang telah ia lakuakan. Apalasgi dana tersebut berasal dari pinjaman online tentu bunga yang ia patok akan naik menjadi dua kali lipaat. Dengan begitu otomatis akan membuat orang-orang menjadi semakin berada dalam keadaan terpuruk, bahkan berdasarkan survey sudah banyak sekali orang-orang yang tinggal di daerah pedasaan yang terjebak dalam kasus ini.

3. Rawan Pecurian Data diri
Saat anda melakukan pinjaman online secara langsung melalui gadget ataupun laptop anda akan di minata untuk memasukkan beberapa persyaratan yang mana salah satunya adalah melampirkan data diri seperti KK, KTP dan lain-lain. Nah kemudian hal ini bisa menjadi hal yang tidak anda inginkan atau bisa menjadi malapetaka bagi masa dean anda. data yang anda lampirkan bisa saja diambil atau di hack yang kemudian akan disalah gunakan. Maraknya aplikasi pinjaman online memang sering dimanfaatkan oleh para hacker untuk merampas data pribadi seseorang. Jadi sebaiknya anda tetap waspada dan selalu hati-hati, dan sebelum anda mengalami hal yang tidak di inginkan sebaiknya anda tidak usah melakukan pinjaman online agar hidup anda menjadi aman dan damai. Berusahalah terlebih dahuku sebelum anda menyerah pada pinjaman online.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon