Saturday, April 11, 2020

Alasan Seorang Blogger Selalu Ganti Template

Tags

Template menjadi salah satu bagian yang sangat penting dalam sebuah blog. Terdapat dua jenis template blog yakni premium dan gratis. Secara garis besar, perbedaan dari kedua jenis template ini terletak pada performanya. Template premium jauh lebih baik dibanding yang gratisan baik dari kecepatan loading maupun tampilannya.

inilah alasan blogger gonta ganti templet


Harga template blog bervariasi mulai dari Rp. 100.000 hingga Rp. 500.000. Setiap developer template pasti mematok harga sesuai dengan keunggulan dari template yang dibuat. Terlebih saat nama templatenya sudah terkenal, harganya pasti akan meningkat.

Baca Juga : Rekomendasi Templet 2020

Berbagai alasan membuat seorang blogger memutuskan untuk menggunakan template premium. Misalnya seperti akan mendapat support dari developer langsung, script tidak di enkripsi, gratis update dan lain sebagainya. Hal ini membuat blogger yang menginginkan blognya untuk jangka panjang menggunakan template premium. Umumnya, template premium akan menyesuaikan dengan algoritma dari search engine. Sehingga blogger tak perlu melakukan setting sendiri untuk hal ini.

Jika sedang mengelola sebuah blog, namun merasa kurang memiliki template yang kurang maksimal, akan lebih baik untuk menggantinya. Terlebih bagi yang dari awal menggunakan template gratisan, kedepannya akan lebih sulit untuk dikembangkan. Ada beberapa alasan mengapa blogger memgganti template blog mereka. Alasan Blogger Mengganti Template Blog Mereka

1. Agar Lebih SEO
Bagi seorang blogger, SEO atau search engine optimation merupakan kebutuhan yang harus diterapkan pada blog. Karena dengan teknik SEO inilah blog akan bisa bersaing dengan blog lain untuk berada di halaman pertama search engine. Ada dua jenis SEO yang umumnya diterapkan para blogger, yakni SEO onpage dan SEO offpage. Untuk penggantian template ini termasuk ke dalam jenis SEO onpage.

Salah satu alasan mengapa blogger kerap mengganti template karena menginginkan blog mereka lebih SEO. Blog tanpa SEO bisa dibilang tidak berguna jika memang difungsikan untuk mendapatkan penghasilan dari iklan. Karena semakin SEO sebuah blog, maka kesempatan untuk mendapatkan pengunjung dari search engine akan semakin lebar. Umumnya template hanya template premium saja yang bisa menyesuaikan dengan teknik SEO.

2. Loading Blog Ringan
Sebuah blog akan lebih mudah diakses ketika loading ringan. Durasi loading blog yang baik tak lebih dari 3 detik. Tujuan loading yang ringan dan cepat diantaranya untuk menghindari pengunjung berpindah blog untuk mencari informasi. Ketika loading lambat terjadi terus menerus, maka jumlah pengunjung akan berkurang. Hal ini jelas membuat pendapatan dari iklan yang ditampilkan akan berkurang. Ini menjadi salah satu alasan mengapa banyak blogger mengganti template blog mereka. Developer akan merancang template agar lebih cepat ketika diakses. Sebagai blogger yang baik, tentu harus menyadari bahwa menambahkan banyak widget akan memperberat blog. Sehingga disarankan untuk mengikuti saran dari developer template saja.

3. Tampilan Menjadi Lebih Menarik

Selain kedua alasan di atas, untuk urusan tampilan juga menjadi alasan banyak blogger mengganti template. Tampilan yang seperti itu-itu saja kerap membuat tidak nyaman dan kurang menarik untuk dibuka. Jika memiliki kemampuan untuk membuat sebuah template, banyak blogger lebih memilih untuk membuatnya sendiri. Sehingga tampilan yang dibuat sesuai dengan keinginan. Namun jika tidak biasa, membeli template premium menjadi pilihan yang tepat. Setelah mendapat template yang memiliki tampilan sesuai yang diinginkan, baru mereka akan mengganti tamplate blog yang sedag dikelola. Saat ini sedang ngetren-ngetrennya template yang memiliki tampilan simplel. Tidak banyak variasi, hanya beberapa elemen penting yang ditampilan oleh template

4. Template Sebelumnya Kurang Cocok

Ada banyak hal yang membuat template dirasa kurang cocok dengan  blog yang dikelola. Mulai dari tampilan yang membosankan, kurang bagus untuk SEO, loading lambat dan lain sebagainya. Dengan hal ini membuat blogger memutuskan untuk mengganti template blog. Tidak ada yang salah memang dengan hal ini, karena pada dasarnya template yang sesuai akan membuat semangat ngeblog bangkit lagi. Namun perlu diperhatikan, terlalu sering mengganti template ternyata tidak bagus untuk blog. Karena akan berpengaruh terhadap penilaian dari Google sebagai search engine.

5. Update Template

Keunggulan dari template premium terletak pada updatenya. Developer akan melakukan pembaruan mengenai template yang dijual. Update ini bisa berupa tampilan, memperbaiki kecepatan loading, menyesuaikan dengan algoritma dan sebagainya. Umumnya, update tidak dilakukan dalam waktu yang berdekatan sehingga tidak akan merepotkan para blogger. Ada berbagai keuntungan setelah melakukan penggantian template hasil update dari developer. Keuntungan inilah yang akan menjadikan blog lebih bagus lagi. Jadi tak perlu khawatir mengenai update template yang disediakan oleh developer.

6. Terkena Virus
Banyak kasus yang pernah terjadi mengenai virus yang disisipkan pada sebuah template. Biasanya virus ini terdapat pada template gratisan yang banyak tersedia di internet. Blogger bisa mendapatkan template dengan gratis di Internet, namun mereka tidak menyadari bahwa akan ada ancaman virus di dalam template itu. Banyak masalah akan terjadi ketika di dalam template terdapat virus, mulai dari muncul iklan tidak dikenal, blog menjadi berat dan lain sebagainya. Hal ini tentu membuat blogger lebih memilih untuk mengganti template mereka dengan yang baru. Pastikan selalu menggunakan template premium yang dibeli langsung dari developer.

Itulah beberapa alasan mengapa blogger kerap mengganti-ganti template blog mereka. Seorang blogger memang tidak hanya fokus dengan artikel yang dibuat, namun juga harus memperhatikan template blog yang digunakan agar bisa menunjang blog untuk lebih baik.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon